Tips Kecantikan dan Kesehatan untuk Girls

Tell Me Nature

Low Cost Travell

WWOOF, Cara Travel Luar Negeri Murah

WWOOF adalah salah satu program volunteer yang menwujudkan traveling luar negeri yang murah. Kali ini aku tulis tentang cara daftar, visa dan tips untuk WWOOF-ing.

 

What is WWOOF ?

Sebelum menjelaskan cara WWOOF-ing, aku menulis pengertiannya secara singkat.  WWOOF adalah siangkatan dari World Wide Opportunity on Organic Farm. Jadi WWOOF adalah program yang memberi kesempatan belajar pertanian organik di berbagai negara.

WWOOF mirip dengan Workaway, merupakakan Work-Exchanging program. Traveler dapat  fasilitas penginapan dan makanan 3 kali gratis sebagai ganti bekerja sekitar 4~6 jam sehari.  Tetapi berbeda dengan Workaway host terbatas hanya di farm organik.

Photo by Melissa Askew on Unsplash

Program WWOOF diikuti oleh sekitar 60 negara pada saat sekarang, mulai dari Eropa, Amerika Utara dan Selatan, Asia, dan juga Afrika.

keuntungan ikut WWOOF adalah dapat pengalaman yang sangat istimewah, dapat mengenal budaya lokal, bahasa dan orang, dan dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.

 

Siapa saja Bisa Ikut WWOOF ?

Kalau sudah terdaftar sebagai WWOOF-er, siapa pun bisa WWOOF-ing! Hanya saja ada batas usia dan satu syarat yaitu, kondisi tubuh yang sehat. Batas usia WWOOFer berbeda tergantung setiap negara, biasanya bisa mulai WWOOF-ing dari umur 17 atau 18 tahun. Bagi yang masih di bawah umur bisa ikut WWOOF bersama orang tua / wali.

Yang Cook Menjadi WWOOFer

  • yang mencintai alam
  • Suka bergaul dengan orang
  • Mampu Berbahasa Inggris atau mau belajar Bahasa Inggris
  • Ingin belajar pertanian organik di luar negeri

 

Cara Daftar sebagai WWOOFer

Untuk menikmati layanan WWOOF, traveler perlu daftarkan diri sebagai WWOOFer di tujuan negara tersebut. Cara dafternya sebagai berikut.

step
1
Pilih Nagara

Berbeda dangan Workaway, untuk menjadi WWOOFer perlu daftar di WWOOF tujuan negara. Misal kalau ingin WWOOF-ing di Francis, berati harus menjadi anggota WWOOF France. Dan untuk ikut WWOOF selain negara yang sudah daftar, harus daftar ulang sebagai WWOOFer di negara tersebut. WWOOF tidak ada international membership.

Untuk cek daftar anggota negara WWOOF, klik wed site ini. https://wwoofinternational.org/

Sebelum daftarkan diri sebagai WWOOFer, bisa juga cari informasi hostnya di situs masing-masing negara. Telusuli aja WWOOF <negara tujuanmu> di Google dan klik Find a Host.

Nya-chan
Bagi yang ragu menentukan negara, aku rekomendasi Australia dan New Zealand. Karena di sana WWOOF sangat pesat sehingga ada ribuan host danlumay an dekat dari Indonesia. 

 

step
2
Mengisi Informasi Pribadi

Setelah menentukan negara tujuan, selanjutnya sing up dan menjadi WWOOFer. Cara daftar dan informasi yang akan diminta sedikit berbeda tergantung negara yang dipilih.

 

step
3
Membayar Biaya Daftar

Di setiap negara berbeda biaya daftar yang diminta dan masa berlaku sebagai WWOOFer. Untuk biayanya sekitar dari 300.000~800.000 rupiah.

Di bawah ini adalah daftar biaya beberapa negara yang ikut WWOOF.

Negara Harga Masa Berkaku
Single Couple
Australia AU$ 70 ( IDR 670.000) - 1 Tahun
New Zealand NZD $ 40 ( IDR 360.000) NZD $ 40 ( IDR 360.000) 1 Tahun
Canada CAD $ 50 ( IDR 540.000) CAD $ 75 ( IDR 800.000) 2 Tahun
Korea KRW 50.000 ( IDR 600.000) - 1 Tahun
Japan JPY¥5500 ( IDR 700.000) - 1 Tahun
Tiongkok USD $ 55 ( IDR 780.000) - 1 Tahun
Italy € 35 ( IDR 550.000) - 1 Tahun
Belanda € 20 ( IDR 300.000) € 30 ( IDR 470.000) 1 Tahun
Spanyol € 20 ( IDR 300.000) € 30 ( IDR 470.000) 1 Tahun
UK € 20 ( IDR 300.000) € 30 ( IDR 470.000) 1 Tahun
German € 25 ( IDR 400.000) - 1 Tahun

Setelah selasai prosesnya traveler bisa kirim messege ke host WWOOF. Ada satu tips pas kirim messege, yaitu kirim pesan ke beberapa host, jangan satu host saja karena kemungkinan tidak dibalas.

Hati-hati

Informasi biaya daftar dan kurs mata uang merupakan informaasi Oktober 2019

 

Visa

Visa untuk WWOOF, berbeda-beda tergantung negara yang akan dikunjungi.

Biasanya cukup menggunakan visa pariwisata ,free visa atau ESTA bagi yang short stay. Karena di WWOOF tidak ada pertukaran uang, meskipun traveler bekerja di host. Jadi kita tidak perlu mengambil visa untuk bekerja.

Tetapi bagi yang ingin mengujung New zealand dan EU dengan WWOOF, lebih baik mengambil Working Holiday Visa.

Hati-hati

Di Imigrasi bandara negara tujuan, kalau ditanya alasan/tujuan mengungi negara dari pegawai imigrasi, hindari menjawab datang untuk bekerja di host WWOOF. Jawab saja tujuannya pariwisata. Karena kalau jawab bekerja, pegawai imigrasi akan salah paham di sana terjadi pertukaran uang, dan tidak mengizin masuk dengan visa biasa.

Untuk informasi visa sering berubah, jadi lebih baik cek di situs Duta Besar Indonesia dan website WWOOF negara tujuanmu sebulum berangkat.

 

Tips Memilih Host

Agar dapat menikmati WWOOF, ada beberapa hal yang harus dicek, pada saat memilih host.

Host Rating  dan Feedback

Memilih host yang memiliki rating yang tinggi dan baca feedback yang ditulis volunteer lain. Make sure hostnya aman dan tidak ada masalah.

Last Activity

Memilih host yang aktif log-in dan sering mengcek massege dari volunteer.

 

Mikako
Thank you for readingn and Enjoy WWOOF-ing

 

Baca juga
Nikmati Workaway & Traveling Murah ke Luar Negeri

Pernah dengar tentang Workaway ? Workaway adalah program yang sangat efektif bagi yang ingin traveli ...

-Low Cost Travell
-

Copyright© Tell Me Nature , 2021 All Rights Reserved Powered by AFFINGER5.