Tips Kecantikan dan Kesehatan untuk Girls

Tell Me Nature

Low Cost Travell

Nikmati Workaway & Traveling Murah ke Luar Negeri

Pernah dengar tentang Workaway ? Workaway adalah program yang sangat efektif bagi yang ingin traveling murah ke luar negeri. Kali ini aku memperkenalkan tentang beberapa tips, visa, cara daftar, host Workaway, dan pengalaman Workawayku.

 

What is Workaway

Secara singkat, Workaway adalah sistem pertukaran antara host dan traveler, dimana traveler dapat tempat penginapan dan makanan sebagai ganti kerja volunteer.

Jadi dengan ikut program workaway, traveler dapat makanan dan penginapan gratis dengan kerja volunteer beberapa jam sehari.

Workaway diikuti 178 negara, mulai dari Eropa, Amerika, Asia, dan sebagainya. Pasti ada negara tujuanmu juga !

Photo by Jed Villejo on Unsplash

Keuntungan Workaway adalah dapat mengalami pengalaman yang menakjubkan dan benar-benar asik. Pada saat ikut Workaway, aku merayakan tahun baru bersama volunteer lain dan orang lokal di Laos, dancing bersama, bercerita, singing dan sebagainya. It was soo nice ^^.

Untuk informasi labih lanjut bisa kunjung ke web site Workaway.

https://www.workaway.info/

 

Siapa Bisa Ikut Workaway ?

Siapa saja bisa menggunakan Workaway jika umurnya di atas 17 tahun. Anak di bawah umur juga bisa megikuti bersama orang tua/wali.

yang cocok ikut workaway adalah yang ....

  • ingin belajar kebuadayaan asing
  • memiliki/ingin menigkatkan kemampuan berkomunikasi Bahasa Inggris
  • ingin punya teman baru dari berbagai negara
  • mau keliling dunia dengan hemat

 

Tentang Host Workaway

Host adalah Individu, keluarga, organisasi atau perusahaan kecil yang menjadi tempat penginapan dan kerja volunteer.

Di Workaway tersedia berbagai jenis host, contohnya keluarga, komunitas, NGO, sekolah, atau Farm. Jadi tergantung host yang pilih, jenis kerja juga akan berbeda. Contoh-contoh kerja volunteer adalah sabegai berikut.

  • Memasak, membersih rumah, atau mengasuh anak
  • Bertani atau berturnak
  • mengajar bahasa dan kebudayaan asing
  • membantu aktivitas perlindungan alam

dan masih ada banyak jenis kerja volunteer, tetapi semuanya tidak memelurkan teknik khusus, kerja yang simple. Agar menwujudkan Workaway yang asik, pilih host dan kerja volunteer yang  sesuai minat dan kemampuan.

Host Workaway di Laos

 

Cara Daftar ke Workaway

Untuk mengikuti program Workaway, traveler perlu dafter ke workaway dan menjadi anggota.

Caranya sangat simple, hanya melakukan 3 step.

step
1
mengisi Informasi Pribadi

Di step ini hanya perlu mengisi informasimu pada formulir setelah memilih single atau couple.

 

step
2
Membayar Biaya Daftar

Harganya untuk individu 42 USD (RP.640.000) dan untuk couple atau bersama teman 54 USD (Rp. 820.000). Setelah bayar biaya, traveler bebas mengguanakan workaway selama satu tahun. (ini bukan biaya asuransi)

 

step
3
Melengkapi Profirmu

Agar dipercaya dari host ada 2 tips dalam membuat profir

1. Isi photo yang kelihatan mukanya jelas

2. Membuat profir yang padat dan jelas

Di dalam profir mengisi mengapa mulai Workaway, riwayat yang singkat, dan kemampuan / hobby.

Setelah proses ini traveler sudah bisa cari host dan kirim massenge ke host yang ingin kunjungi.

Untuk sign up dan menjadi anggota Workaway, klik link di bawah

Sign Up

[/st-cmemo]

 

Visa

Visa pada saat workaway, berbeda tergantung negara yang akan dikunjungi.

Biasanya cukup menggunakan visa pariwisata atau free visa bagi yang short stay. Karena di Workaway tidak ada pertukaran uang, meskipun kamu bekerja di host. Jadi pengunjung tidak perlu mengambil visa untuk bekerja.

Photo by Agus Dietrich on Unsplash

Tetapi khusus pengunjung EU, Australia, dan New Zealand pada saat sekarang perlu memproses visa khusus (Working Holiday Visa). Untuk informasi lebih lanjut, akan bisa lihat di situs Workaway pada saat kamu pilih negara. Jika di negara tersebut perlu visa khusus akan muncul bar warna merah yang ditulis Important Information for Volunteer.

Hati-hati

Di Imigrasi bandara negara tujuan, kalau dapat pertanyaan alasan/tujuan mengungi negara dari pegawai imigrasi, hindari menjawab datang untuk bekerja di host Workaway. Jawab saja tujuannya pariwisata. Karena kalau menjawab 'bekerja', pegawai imigrasi akan salah paham di sana terjadi pertukaran uang, dan tidak mengizinkan masuk dengan visa biasa.

Untuk informasi visa sering berubah-ubah, jadi lebih baik cek di situs Duta Besar Indonesia yang negara tujuan sebelum berangkat.

 

Tips Memilih Host

Agar dapat menikmati Workaway, ada beberapa hal yang harus dicek, pada saat memilih host.

Updated List dan With Feedback

Pada saat mencari host, centang di Updated List dan With Feedback. Ini tujuannya untuk menghindari host yang sama sekali menggunakan Workaway meski sudah terdaftar.

Host Rating dan Feedback

Memilih host yang memiliki rating yang tinggi dan baca feedback yang ditulis volunteer lain. Make sure hostnya aman dan tidak ada masalah.

Last Activity

Memilih host yang aktif log-in dan sering mengcek massege dari volunteer.

 

Pengalaman WorkawayKu

Aku pernah ikut program Workaway 2 kali di Laos dan di Malaysia. Berikut ini adalah pengalaman Workawayku sendiri yang tak bisa dilupakan.

Workaway di Laos

Aku ikut Workaway selama 3 minggu di suatu komunitas Laos pada saat liburan semestar. Di komunitas ini ada banyak jenis kerja seperti bertani, membangun rumah, mengajar di sekolah terdekat, memsak, painting sampai merawat anak anjng. Di komuitas tersebut ada beberapa volunteer selain aku, ada yang dari German, Spanyol, Kanada, Philipina, Italy dan sebagainya. Jam kerjanya 5 jam sehari dan dapat 2 hari libur sabtu dan minggu. Jadi hari liburnya, aku jalan-jalan keliling kota Laos bersama volunteer lain.

Pemandagan Kota di Laos

Kenangan yang paling seruh di sana adalah dapat merayakan Christmas dan Tahun Baru bersama orang-orang lokal dan volunteer lain. Pas Christmas, kami masak masakan dari masing-masing negara dan makan bersama. Pas Tahuna Baru, kami merayakan dengan BBQ ala Laos.

 

Workaway di Malaysia

Di malaysia aku ikut Workaway di desa kecil, yang terletak di sekitar 1 jam dengan bus dari Kuala Lumpur. Jenis hostnya family dan ada beberapa host lain selain aku. Aku stay di rumah ini selama 2 minggu. Host ini sangat unik, karena tidak diminta kerja apa pun. Setiap hari, dari pagi sampai sore aku free. Pada malam hari, aku membantu masak makan malam. (Makan malam host yang masak bersama sangat enak)  Karena itu di host ini, kami sarapan sendiri dan makan siang sendiri, dan juga kadang-kadang kami ada beli makanan untuk makan bersama.

Pada hari libur, pak host bawakan kami ke night market lokal dan tampat budidaya lebah madu. Di malaysia, orang-orangnya memahami Bahasa Indonesia (tapi aku tidak mengerti bahasa mereka) jadi mudah berteman dengan orang-ornag lokal.

Sarung lebah tanpa duri

 

Mikako
Tank you for reading & Enjoy Workaway
Baca juga
WWOOF, Cara Travel Luar Negeri Murah

WWOOF adalah salah satu program volunteer yang menwujudkan traveling luar negeri yang murah. Kali in ...

 

-Low Cost Travell
-

Copyright© Tell Me Nature , 2021 All Rights Reserved Powered by AFFINGER5.