Tips Kecantikan dan Kesehatan untuk Girls

Tell Me Nature

Health

Benar Sinar Biru Berbahaya ? Dampak Sinar Biru terhadap Kesehatan Mata

Bersama meluasnya penggunaan HP atau smartphone, sinar biru menjadi sinar yang menarik perhatian dari masyarakat. Kali ini aku menjekaskan pengertian, dampak dan cara melindungi mata dan tubuh kita dari sinar biru.

Photo by Bruno Thethe on Unsplash

Apa itu Sinar Biru ?

Sinar biru atau dikenal dengan istilah blue light adalah salah satu sinar tampak yang memiliki energi yang kuat yang mempunyai panjang dari 380nm~500nm.

 

Sinar Biru mengatur Jam Biologis

Mata kita memiliki 3 sel yang mempunyai masing-masing fungsinya berdeda.

  1. Sel Kerucut bertanggung jawab dalam penglihatan warna
  2. Sel batang bertanggung jawab dalam penglihatan monokrom (hitam putih)
  3. ipRGCs bertanggun jawab mengatur jam biologis atau Ritme Sarkadian dalam tubuh

Sel ipRGCs yang terdapat dalam mata kita berfungsi mengirim implus ke otak untuk mengatur ritme sarkadian dalam tubuh kita. Untuk mengatur jam biologis dan mengidentifikasi siang dan malam, sel ini menerima rangsangan sinar yang memiliki panjang sekitar 460nm. Maka dari itu sinar biru adalah salah satu sinar yang mempengaruhi pengaturan jam biologis kita (karena panjang sinar biru 380nm~500nm).

 

Peningkatan Sinar Biru dalam Kehidupan Kita

Bersama perkembangan teknologi, jumlah paparan sinar biru dalam kehidupan sehari-hari semakin menigkat. Pada kehidupan kita terdapat banyak barang yang memancarkan sinar biru yaitu

  • Sinar matahari
  • Lampu LED
  • Layar LED ( layar TV, HP, komputer, dan video game)
  • Diode laser warna biru

Menurut penelitiannya, peningkatan waktu penggunaan teknologi seperti di atas, menyebabkan peningkatan waktu rata-rata paparan sinar biru menjadi 5 jam 20 menit dalam sehari (pada tahun 2017). Waktu rata-rata paparan sinar biru meningkat 83 menit selama 10 tahun ini.

layar komputer, video game, dan HP adalah mesin yang memancarkan sinar biru terbanyak. Jumlah pancaran sinar birunya diperkirakan 3 kali lipat lebih banyak dari sinar biru layar TV.
Nya-chan

 

Dampak Sinar Biru pada Kesehatan

Ada 2 alasan sinar biru berdampak terhadap kesehatan kita, yaitu

Sinar Biru Memiliki Energi yang Kuat
Sinar Biru merupakan Faktor Pengatur Jam Biologis

Dua sifat sinar biru ini adalah penyebab dampak pada kesehatan kita. Sekarang aku memperkenalkan pengaruh sinar biru terhadap kesehatan kita.

 Mata Lelah, Sakit Pundak dan Leher Kaku

Photo by Daria Nepriakhina on Unsplash

Seperti aku jelaskan di atas, sinar biru adalah sinar yang memiliki energi yang kuat. Pada saat sinar yang berenergi kuat terkena pada permukaan mata, otot mata berusaha mengecilkan pupil agar mempersedikitkan cahaya yang masuk ke mata. Kalau hal ini terus berlanjut menyebabkan mata lelah. Selain itu, layar yang memancarkan sinar biru, gambarnya cendurung buram, akibatnya rensa mata terpaksa mengatur fokus berulang-ulang. Hal ini juga menyababkan mata lelah.

Sebab sinar biru adalah sinar yang kuat, kita merasa silau pada saat melihat layar. Ini menyababkan posisi duduk tubuh kita yang salah dan buruk. Posisi duduk yang buruk menimbulkan sakit pundak, kaku leher atau pundak.

 

Terganggunya Jam Biologis

Seperti dijelaskan di atas, jika sinar biru terkena permukaan mata dan ditagkap dengan sel ipRGCs akan mempengaruhi terhadap jam biologis kita. Terganggunya jam biologis ini akan menimbulkan dua dampak yaitu, terganggunya siklus tidur dan gangguan pada kerja saraf otonom.

Sinar biru berdampak pada stimulasi hormon melatonin yang meningkatkan kualitas tidur kita. Maka paaparan sinar biru yang keterlaluan menurunkan kualitas tidur kita dan siklus tidar kita akan terganggu.

Photo by Azat Kılınç on Unsplash

Terganggunya kerja saraf otonom meningkatkan resiko berbagai penyakit misalnya hipertesis, deabetes, infark miokard dan sebagainya. Sebab saraf ototnom mengatur berbagai fungsi dalam tubuh kita, seperti suhu tubuh, tekanan darah, stimulasi hormon, dan juga detak jantung.

 

Gangguan Mental

Sinar biru akan mencapai otak melewati retina. Pada saat itu,  sinar biru mempengaruhi berbagai hormon yang berpengaruh terhadap mental kita, seperti adrenalin, serotonin, dan kortisol.

 

Mata anak kecil mudah berdampak

Lensa mata anak masih jernaih, maka mudah mendapatkan pengaruh dari sinar biru.

 

Cara Melindungi Mata dari Sinar Biru

Photo by Craig Garner on Unsplash

Berikut ini adalah berbagai cara melindungi mata dari sinar biru. Sangat simple dan you can try from now on.

Istirahatkan Matamu

Setelah menggunakan HP atau laprop satu jam, istirahatkan matamu 5~10 menit. Caranya memijat mata atau melihat objek atau pemandangan yang terletak arah jauh.

Mengatur Kontras

Mengatur kecerahan layar HP atau laptop sesuai waktu dan terang gelap kamar. Pada malam hari, mengaktifkan nightshift mode.

Menghindari Menggunakan HP pada Malam Hari

Agar siklus tidur dan jam biologis kita tidak terganggu, sebelum tidur menghindari mengguanakan HP atau laptop.

Menggunakan Kaca Mata Anti Radiasi Sinar Biru

Menggunakan kaca mata anti radiasi atau filter sinar biru agar mempersedikit pengaruh sinar biru terhadap kesehatan.

 

Mikako
Thank you for reading

 

-Health

Copyright© Tell Me Nature , 2021 All Rights Reserved Powered by AFFINGER5.