Tips Kecantikan dan Kesehatan untuk Girls

Tell Me Nature

Food

Benar 100 % ? Fakta Jus Konsetrat

Pada jus yang kita beli di supermarket, sering ditulis "konsentrat" (concentrate) bersama kata 100% juice. Tetapi apa artinya dengan konsntrat dan apa bedanya dengan jus buah segar ? Ya, kali ini aku uraikan tentang jus konsetrat.

Photo by Boba Jaglicic on Unsplash

What is Concentrates Juice ?

Perbedaan Jus konsentrat dan jus buah segar terletak pada cara pembuatan. Jus konsetrat terbuat dari jus yang terkonsentrasi 4~6 kali lipat dari jus asli. Proses pembuatan jus konsetrat terdiri dari penguapan air, pembekuan, pencairan, dan penambahan air kembali . Berikut ini proses pembuatan jus konsetrat.

step
1
Penguapan

Pada proses ini, menguapkan air jus buah dan membentuk bentuk sol (paste). Biasanya menggunakan metode kompresi tekanan rendah untuk memanaskan dan menguapkan air jus buah pada proses ini.

step
2
Pembekuan

Membekukan peste jus yang dibuat pada proses pertama dan menyimpan.

step
3
Pencairan

Mancairkan paste jus yang beku dan menambah air kembali. Kemudian membugnkus jus ke dalam kemasan.

 

Kelebihan dan Kekurangan Jus Konsentrat

Jus konsetrat memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan bagi konsumen maupun produsen.

Photo by Kaizen Nguyễn on Unsplash

Kelebihan Jus Konsetrat

Dapat disimpan lebih lama

Dalam proses pembuatan jus konsentrat dibeku setelah penguapan air. Dengan proses ini jus tahan lebih lama, produsen tinggal mencairkan jus pada saat menjual.

Biaya murah

Pada saat mengekspor jus ke negara lain, biaya ongkir menjadi lebih murah. Sebab berat dan volume jus dapat dikecilkan dengan proses konsentrat. Setelah jus tiba di negara tujuan, tinggal mencairkan dan menambah air kembali di pablik.

Dapat Menikmati Jus Buah Luar Negeri

Proses jus konsentrat memberi kesempatan kepada kita menikmati jus buah dari luar negeri, terutama buah jus yang sulit memproduksi di Indonesia seperti anggur, orange, blue berry, peach dan sebagainya. Karena seperti aku jelaskan di atas, proses pembuatan jus konsentrat biaya murah dan dapat disimpan lebih lama.

 

Kekurangan Jus Konsentrat

1. Kehilangan Nutrisi

Dalam proses penguapan, sebagian dari vitamin C, serat alami dan beberapa enzim hilang. Tetapi tidak semua gizi hilang, maka sebenarnya dari segi nutrisi tidak jauh beda dengan jus buah asli.

 

2. Penambahan Zat Aditif

Pemanis, pengharum, dan pengawet akan ditambah pada saat mengencerkan jus. Karena harum buah hilang pada saat proses konsentrat dan diencerkan dengan air, maka perluh ditambah pemanis dan pengharum. Jenis pengharum, pemanis dan pengawet berbeda tergantung produsen, jadi cek komposisi sebelum membeli apakah aman dikonsumsi.

 

Nya-chan
aku sudah mengerti tentang jus konsentrat, tetapi apa bedanya dengan pure 100 % juice dan fresh juice ?
Ya, ini bedanya
Mikako

Pure 100 % Juice

Pure 100 % juice atau jus bukan konsentrat adalah jus yang dibuat tanpa pengenceran dan pemanasan, 100% terbuat dari buah. Proses pembuatanya setelah memeras buahnya dan disterilisasi, disimpan dengan suhu rendah tanpa pemanasan. Dibandingkan jus konsentrat, Pure juice kaya dengan vitamin, enzim, dan serat alami. Rasanya juga lebih enak dan berkalori rendah. Hanya saja harga lebih mahal dari pada jus konsetrat dan jarang ditemukan di supermarket. Tetapi dari segi kesehatan lebih baik memilih100% juice dari pada jus konsentrat.

Photo by Edgar Castrejon on Unsplash

Fresh Juice

Fresh Juice adalah jus yang dijual warung, restoran, atau cafe yang dibuat langsung di tempatnya. Fresh juice tidak disterilisasi karena minum langsungdi tempatnya.

 

Kesimpulan

Jus konsentrat tidak terbuat dari 100 % buah, karena ada penambahan air, pemanis, pengharum, dan juga pengawet. Hati-hati pada saat membeli.

Mikako
Thank you for reading

 

 

-Food

Copyright© Tell Me Nature , 2021 All Rights Reserved Powered by AFFINGER5.